fbpx

AKUMPOS.COM

Mengenal Human Error: Definisi, Faktor Penyebab, dan Cara Mencegahnya

Cara Mengatasi Human Error. Sumber: freepik.com

Human error sering kali menjadi penyebab utama terjadinya berbagai masalah di tempat kerja. Dampaknya bisa sangat merugikan performa bisnis atau perusahaan, mulai dari pekerjaan yang tertunda, kegagalan proyek, kerugian materiil, hingga ancaman terhadap keselamatan pekerja. Oleh karena itu, adakah cara untuk mencegah human error?

Jika human error terjadi secara berulang, produktivitas bisnis akan mengalami penurunan yang signifikan. Hal ini tidak hanya menghambat kemajuan proyek tetapi juga bisa menyebabkan hilangnya kepercayaan dari klien dan pelanggan.

Selain itu, kerugian materiil yang berkelanjutan bisa membebani finansial perusahaan dan mengancam kelangsungan operasional. Namun, pemilik perusahaan bisa mengambil langkah-langkah preventif untuk meminimalkan risiko terjadinya human error dan meningkatkan efisiensi kerja.

Jika Anda penasaran bagaimana cara mencegah human error secara efektif, baca selengkapnya di bawah ini tentang definisi human error, faktor penyebabnya, dan strategi pencegahan yang bisa diterapkan.

Baca juga: 9 Alasan Mengapa Bisnis Harus Memanfaatkan QR Code 

Pengertian Human Error

Apa itu human error? Human error adalah kesalahan yang dilakukan sepenuhnya oleh manusia bukan disebabkan alat atau mesin dalam menjalani aktivitas pekerjaan. Human error artinya bisa berupa kelalaian, ketidaksengajaan, atau kesalahan dalam pengambilan keputusan.

Dikutip dari Secure Frame,  human error bisa berupa kesalahan dalam tindakan dan proses berpikir. Seorang profesional dalam pekerjaan sekali pun bisa melakukan kesalahan karena beberapa faktor tertentu.

Menurut Jens Rasmussen, seorang ahli dari Denmark, human error dikategorikan menjadi tiga tipe kesalahan yaitu berdasarkan keterampilan, peraturan, dan pengetahuan. Seseorang dengan keterampilan, peraturan, dan pengetahuan yang minim mengenai proses kerja akan mengalami kesulitan dan kesalahan atau masalah saat melakukan proyek tertentu.

Baca juga: 15 Ide Usaha Rumahan Pemula yang Menjanjikan 

Faktor Penyebab Terjadinya Human Error

Beberapa contoh penyebab terjadinya human error, penjelasan selengkapnya ada di bawah ini!

1. Beban Kerja yang Berat

Beban kerja yang berat dapat menyebabkan seseorang merasa lelah atau terburu-buru untuk menyelesaikan satu pekerjaan sebelum beralih ke pekerjaan berikutnya karena terkejar deadline.

Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya human error. Salah satu cara mencegah human error akibat beban kerja yang berat adalah dengan mengatur waktu dan prioritas dengan baik serta memastikan adanya dukungan dan kerjasama tim yang baik.

2. Gangguan dan Distraksi

Ketika seseorang terganggu, fokus dan konsentrasinya terpecah, meningkatkan risiko kesalahan. Sebagai contoh, di lingkungan kerja yang bising dan ramai, seperti kantor terbuka, peluang untuk terganggu oleh percakapan di sekitar bisa terjadi.

Oleh karena itu, menciptakan ruang yang tenang dapat membantu mengurangi gangguan dan meningkatkan produktivitas.

3. Komunikasi Kurang Efektif

Terkadang, komunikasi di tempat kerja bisa kurang efektif sehingga menyebabkan masalah seperti kesalahan dalam memahami instruksi atau kegagalan menyampaikan informasi penting.

Dengan melakukan komunikasi yang jelas dan terbuka, serta memastikan bahwa pesan-pesan yang disampaikan dipahami dengan benar, dapat mengurangi risiko kesalahan dan meningkatkan efektivitas kerja tim.

4. Kondisi Kelelahan

Manusia sebagai makhluk hidup memiliki batas kelelahan yang jika tidak diperhatikan dapat membahayakan diri sendiri maupun keselamatan saat bekerja.

Oleh karena itu, jika merasa lelah beristirahat sejenak dapat menjadi solusi yang efektif untuk mengembalikan fokus dalam bekerja.

5. Kurang Fokus Menyelesaikan Pekerjaan

Kurang fokus dalam menyelesaikan pekerjaan dapat muncul salah satunya akibat sifat kurang serius, terutama pada individu yang terlalu percaya diri akan kemampuannya.

Selain itu, suasana kerja yang penuh canda tawa dengan rekan kerja juga dapat mengurangi tingkat keseriusan dalam menyelesaikan tugas.

Untuk mencegah hal ini, penting untuk tetap menjaga fokus dan mengingatkan diri sendiri tentang pentingnya menyelesaikan tugas dengan sungguh-sungguh.

6. Kurangnya Pelatihan Karyawan

Kurangnya pelatihan karyawan dapat menyebabkan ketidakmampuan menghadapi situasi tertentu. Sebagai contoh, karyawan yang tidak terlatih dengan baik mungkin tidak terbiasa menggunakan perangkat baru yang diperlukan dalam pekerjaan mereka.

Untuk mencegah hal ini, penting untuk memberikan pelatihan yang memadai dan kontinyu kepada karyawan.

7. Teknologi yang Sulit Digunakan

Teknologi yang terlalu sulit digunakan sering kali menjadi pemicu terjadinya human error dalam bisnis. Salah satu cara mencegah human error dalam bisnis adalah dengan memilih AKU MPOS, sebuah aplikasi kasir online yang mudah digunakan.

Dengan tampilan yang sederhana dan fitur yang beragam, AKU MPOS sebagai aplikasi kasir canggih yang membantu mengurangi human error saat melakukan transaksi, sehingga meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam bisnis Anda.

8. Tidak Memperhatikan Keselamatan

Tidak memperhatikan kesalamatan atau cenderung mengabaikan adalah tindakan yang berpotensi menyebabkan human error. 

Ini terjadi ketika seseorang tidak memperhatikan langkah-langkah keselamatan yang seharusnya diikuti dalam melakukan tugas tertentu. Untuk mencegah human error yang disebabkan oleh mengabaikan keselamatan, penting untuk selalu mengikuti prosedur keselamatan yang telah ditetapkan.

Baca juga: Manfaat Bisnis Mendukung Pembayaran Non Tunai 

Cara Mencegah Terjadinya Human Error

Mau tahu cara mencegah terjadinya human error? Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

1. Identifikasi Sumber Masalah

Untuk mengidentifikasi sumber masalah, ini berkaitan dengan melakukan analisis untuk menentukan akar penyebab kesalahan dengan melibatkan wawancara dengan karyawan yang terlibat

Lakukan juga pengumpulan data tentang kesalahan yang terjadi secara lengkap. Dengan melibatkan karyawan dalam diskusi tentang human error yang terjadi, ini menjadi perspektif berharga dan efektif untuk mencegah terjadinya human error.

2. Perbaiki Cara Kerja

Terkadang, kesalahan manusia dapat terjadi akibat cara kerja yang kurang efisien.

Untuk mencegah hal ini, penting untuk memperbaiki cara kerja dengan menetapkan prosedur yang jelas dan memastikan komunikasi yang efektif.

3. Berikan Pelatihan kepada Karyawan

Agar dapat mencegah human error, perusahaan perlu memberikan pelatihan kepada karyawan. Dengan demikian, karyawan akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menghindari kesalahan manusia.

Pelatihan ini penting untuk meningkatkan kesadaran dan kecakapan dalam mengatasi potensi kesalahan yang dapat terjadi dalam lingkungan kerja.

4. Manfaatkan Teknologi untuk Otomatisasi

Manfaatkan teknologi untuk otomatisasi dapat membantu mengurangi human error. Dengan menggunakan sistem otomatis, proses yang repetitif dan rentan terhadap kesalahan manusia dapat dihindari.

Misalnya, otomatisasi dalam sistem pencatatan transaksi dapat mengurangi risiko kesalahan input data yang bisa terjadi pada manusia. Ini menjadi salah satu cara mencegah terjadinya human error yang efektif.

5. Lakukan Pengecekan dan Evaluasi Berkala

Pengecekan dan evaluasi rutin membantu memastikan bahwa proses dan sistem kerja sudah berjalan sesuai standar yang ditetapkan.

Dengan melakukan ini, kesalahan yang mungkin terjadi dapat diidentifikasi dan diperbaiki sebelum berdampak pada kinerja atau keamanan.

6. Komunikasi Tim secara Efektif

Dengan menyampaikan informasi secara jelas dan tepat waktu, serta memastikan semua anggota tim memahami tugas mereka dengan baik, kesalahan manusia atau human error  dapat diminimalkan.

Selain itu, mendengarkan dengan aktif dan mengklarifikasi instruksi juga membantu mencegah kesalahan yang disebabkan oleh ketidakpahaman.

7. Gunakan Sistem Aplikasi Terbaik

Dengan menggunakan teknologi terkini, perusahaan dapat mengurangi risiko kesalahan manusia secara signifikan. Ini dilakukan dengan mengotomatiskan proses yang rentan terhadap kesalahan, misalnya pada bisnis seperti pengolahan data atau pelacakan inventaris.

Dengan demikian, investasi dalam sistem aplikasi terbaik bukan hanya meningkatkan efisiensi, tetapi juga mencegah potensi kerugian yang disebabkan oleh human error.

Baca juga: 8 Keuntungan Menu Digital untuk Bisnis Food & Beverage 

Apakah kamu ingin mengurangi risiko human error dalam bisnismu? Human error bisa terjadi pada siapa pun dan kapan pun, tetapi dengan menggunakan aplikasi kasir online yang canggih dari AKU MPOS, Anda dapat meminimalkan masalah.

Dapatkan solusi terbaik untuk bisnis Anda dengan aplikasi kasir canggih dan sederhana. Temukan keunggulan aplikasi kasir terbaik dari AKU MPOS untuk mengoptimalkan operasional usaha Anda mulai hari ini!

Kunjungi website kami untuk berbagai insight seputar bisnis atau untuk mencoba aplikasi AKU MPOS versi premium lakukan uji coba gratis dengan mengunduh aplikasi di sini.

Temukan lebih banyak informasi tentang produk AKU MPOS dengan mengikuti sosial media Facebook, Instagram, Youtube, dan TikTok. Anda juga dapat mengecek penawaran spesial dari kami melalui e-commerce Shopee dan Tokopedia! 

Ingin berdiskusi lebih lanjut dengan kami? Customer Service kami siap membantu klik link berikut!

Baca juga: Jangkrik Kuliner Regatta Food Fest 2024, Surga Makanan Jakarta Utara  

×