fbpx

AKUMPOS.COM

11 Ide Usaha Kuliner yang Cocok Dijual di Musim Hujan

Bisnis di Musim Hujan. Sumber: freepik.com

Memasuki musim hujan biasanya keinginan untuk makan lebih besar, bukan? Hawa dingin di musim hujan bisa membuat beberapa kuliner justru lebih digemari. Biasanya, makanan yang hangat, berkuah, dan pedas menjadi pilihan favorit karena cocok dengan cuaca yang dingin. Jika Anda sedang mencari ide usaha kuliner musim hujan yang menguntungkan, artikel ini tepat untuk Anda.

Kami telah mengumpulkan 11 ide usaha kuliner yang cocok dijual di musim hujan, mulai dari makanan tradisional hingga kekinian  yang bisa menarik minat banyak orang!

Baca juga: Kegiatan Inspiratif Campuspreuner 2 di Universitas Mercu Buana Yogyakarta 

Rekomendasi Usaha Kuliner di Musim Hujan

Dengan memanfaatkan peluang ini, Anda dapat membangun bisnis kuliner sendiri dan menambah penghasilan.

Penasaran apa saja ide usahanya? Baca selengkapnya di bawah ini dan temukan inspirasi untuk membangun usaha kuliner untuk memaksimalkan musim hujan kali ini!

1. Bakso

Karena kuah bakso yang selalu disajikan dalam keadaan hangat, makanan ini pun dianggap sangat cocok disantap saat musim hujan tiba. Tambahan kondimen seperti mie, bihun, dan bawang goreng di bakso menambah cita rasa dan kenikmatan tersendiri. Siapapun yang ditawari makanan ini saat musim hujan pasti akan tertarik.

Selain itu, ada jenis bakso lainnya yang bisa Anda tawarkan, seperti bakso Malang dan bakso aci yang kenyal. Kedua jenis bakso ini memberikan variasi yang menarik bagi pelanggan Anda. Dengan menyajikan bakso, Anda bisa menarik banyak penggemar kuliner di musim hujan.

2. Batagor

Bakso tahu goreng merupakan camilan khas Jawa Barat yang memiliki dua versi, yaitu goreng dengan bumbu kacang atau berkuah dengan kuah bening.

Batagor dengan bumbu kacang cocok dijadikan camilan kapan saja karena rasanya yang gurih dan renyah. Namun, batagor kuah justru jauh lebih nikmat saat cuaca dingin. Kuahnya yang panas dan gurih akan menghangatkan suasana saat hujan turun.

Selain itu, batagor juga dibuat dengan bahan yang sederhana dan mudah didapatkan. Anda dapat menjadikan batagor sebagai salah satu opsi untuk membangun usaha kuliner yang cocok dijual saat musim hujan.

3. Bubur

Bubur menjadi salah satu ide usaha kuliner favorit di musim hujan karena kehangatanny. Kamu bisa pilih 2 jenisnya baik bubur ayam dengan rasa asin atau bubur kacang hijau dengan rasa manis.

Untuk menjaga daya tariknya, kebanyakan tempat memodifikasi jenis makanan yang satu ini. Misalnya bubur ayam yang disajikan dengan menambahkan telur setengah matang, parutan keju, atau stik keju yang gurih. Dengan variasi ini, bubur menjadi lebih menarik danmembuat konsumen penasaran.

4. Dimsum

Dimsum adalah salah satu pilihan kuliner yang cocok untuk dijual di musim hujan. Dengan cita rasa yang lezat dan variasi isi yang beragam, dimsum dapat menjadi pilihan favorit konsumen yang mencari makanan hangat dan mengenyangkan saat cuaca dingin.

Apalagi, dimsum juga bisa disajikan dengan saus pedas atau berkuah yang membuatnya semakin pas dinikmati di musim hujan. Dengan memasukkan dimsum ke dalam menu usaha kuliner saat musim hujan, Anda bisa menarik minat banyak pelanggan dan meningkatkan omzet penjualan.

Baca juga: Festival Kuliner Chinatown Yogyakarta hadir di Lippo Plaza Jogja! 

5. Gorengan

Masyarakat banyak mencari gorengan hangat yang dapat menghangatkan tubuh dan mengganjal perut untuk sementara waktu.

Selain itu, gorengan juga cocok dinikmati bersama dengan minuman hangat seperti teh atau kopi, sehingga semakin menambah kenikmatan saat cuaca dingin.

Dengan cita rasa yang gurih dan renyah, gorengan menjadi pilihan camilan yang praktis dan lezat untuk dinikmati di musim hujan.

6. Jagung Bakar

Jagung bakar merupakan salah satu kuliner favorit yang sering dijumpai di pusat keramaian seperti alun-alun atau tempat wisata, terutama saat malam hari.

Makanan ini populer karena memberikan sensasi hangat yang cocok dinikmati di musim hujan. Biasanya, jagung bakar disajikan dengan berbagai varian rasa, mulai dari manis, gurih, hingga pedas, sesuai dengan selera konsumen.

Dengan harga yang terjangkau dan cita rasa yang menggugah selera, jagung bakar menjadi pilihan utama bagi banyak orang untuk menghilangkan rasa dingin.

7. Kedai Kopi

Selain kuliner makanan, kedai kopi bisa menjadi pilihan yang menarik dalam menjalankan usaha kuliner musim hujan.

Dengan konsep minimalis sederhana, Anda dapat mulai kedai kopi dengan modal yang terjangkau. Tak dapat disangkal bahwa kedai kopi menjadi lokasi favorit yang dikunjungi saat musim hujan tiba.

Baca juga: Acara Peresmian Rumah AKU di Yogyakarta, Wadah Digitalisasi Bisnis UMKM Anda 

8. Kedai Mie Instan

Saat musim hujan tiba, kedai mie instan menjadi primadona bagi banyak orang. Terutama, jika mie instan disajikan dengan tambahan telur dan cabai, sensasi hangat dan aromanya bisa sangat memikat.

Usaha kuliner musim hujan ini memberikan keuntungan yang signifikan, dengan modal awal yang relatif ekonomis.

9. Minuman Hangat Tradisional

Minuman hangat tradisional merupakan salah satu kategori yang sangat dicari di musim hujan. Sering dicari di malam hari, minuman hangat seperti sekoteng, wedang ronde, bajigur, bandrek, dan STMJ bisa menjadi pilihan utama konsumen.

Hal ini karena selain menghangatkan tubuh, minuman ini juga dapat melegakan hidung dan tenggorokan saat musim hujan.

10. Seblak

Seblak merupakan santapan panas dan pedas yang sedang hits di kalangan pecinta kuliner dan digemari oleh kebanyakan kaum hawa, merupakan sajian yang menggoda selera di musim hujan. Kuah panas yang kental dan pedas, bercampur dengan kerupuk, bakso, sosis, bahkan diisi ceker atau kwetiau, menjadikan seblak digemari tidak hanya di Bandung tetapi di seluruh Nusantara.

Bahan dasar kencur menambahkan cita rasa yang khas pada hidangan ini. Kelezatan seblak dan kepopulerannya menjadi santapan yang cocok di musim hujan membuatnya layak dijadikan ide bisnis yang menjanjikan. Dengan modal yang relatif kecil, Anda dapat memulai usaha seblak yang menarik minat banyak konsumen dan cocok dinikmati di musim hujan.

11. Soto

Soto merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang terkenal dengan kuahnya yang gurih dan hangat. Makanan ini cocok disantap dengan berbagai makanan lain seperti gorengan dan sate-satean.

Soto bisa menjadi ide usaha kuliner musim hujan pasalnya cita rasa hangat dan gurih dari soto sangat cocok untuk menghangatkan tubuh di musim hujan.

Selain itu, soto juga memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen karena dapat disajikan dengan berbagai variasi bahan dan penyajian yang kreatif, sehingga dapat menarik minat konsumen yang mencari pengalaman kuliner yang berbeda di musim hujan.

Baca juga: 8 Tips Mengatur Stock Opname secara Efisien 

Dari 11 ide usaha kuliner musim hujan yang telah kami bagikan di atas, tentu ada yang membuat Anda tertarik, bukan?

Untuk memudahkan Anda dalam mengelola usaha kuliner, kami merekomendasikan penggunaan aplikasi kasir canggih AKU MPOS. Aplikasi ini dirancang khusus untuk membantu UMKM dalam mengelola penjualan dengan lebih efisien.

AKU MPOS akan mempermudah Anda dalam mengelola usaha kuliner di berbagai musim untuk semua jenis bisnis mulai dari cafe, resto, coffee shop, laundry, hingga ritel!

AKU MPOS juga terhubung dengan AKU Pesan yang menawarkan kemudahan pemesanan online untuk bisnis kuliner Anda hanya dengan scan kode QR yang bisa kamu sebar ke platform apa saja. Informasi lebih lanjut mengenai AKU Pesan klik disini.

Kunjungi website kami untuk berbagai insight seputar bisnis atau untuk mencoba aplikasi AKU MPOS versi premium lakukan uji coba gratis dengan mengunduh aplikasi di sini.

Temukan lebih banyak informasi tentang produk AKU MPOS di sosial media Facebook, Instagram, Youtube, dan TikTok. Anda juga dapat mengecek penawaran spesial dari kami melalui e-commerce Shopee dan Tokopedia! 

Ingin berdiskusi lebih lanjut dengan kami? Customer Service kami siap membantu klik link berikut!

Baca juga: 12 Ide Bisnis Yang Cocok Untuk Anak Muda yang Cari Usaha Sampingan

Artikel menarik lainnya

×