fbpx

AKUMPOS.COM

Penjelasan Lengkap Layanan Pembayaran QRIS: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Pembayaran QRIS. Sumber: freepik.com

Layanan Pembayaran QRIS telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari untuk transaksi yang lebih mudah, cepat, dan aman bagi pengguna. QRIS tidak hanya berguna bagi customer, tetapi memudahkan para pemilik merchant mendukung pembayaran digital. Artikel ini tak hanya menjelaskan pengertian, tetapi manfaat serta jenis-jenis QRIS untuk pembayaran.

QRIS menjadi standar kode QR yang digunakan untuk transaksi pembayaran elektronik di Indonesia. Kode QR ini dapat dibaca oleh perangkat seluler dengan menggunakan kamera pada aplikasi pembayaran, menghubungkan pengguna dengan metode pembayaran yang terkait dengan kode QR tersebut.

Apa saja pengertian, manfaat, dan jenis-jenis QRIS untuk pembayaran? Temukan jawabannya dalam artikel ini!

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Menu Digital dalam Industri Kuliner

Pengertian QRIS

Layanan Pembayaran QRIS merupakan sistem pembayaran digital yang memanfaatkan teknologi Quick Response (QR) Code.  Kode QR sendiri merupakan kode matriks 2 dimensi yang terdiri dari tiga pola persegi pada sudut kiri bawah, atas dan kanan atas sebagai penanda.

Kode QR mampu menyimpan data alfanumerik, karakter dan simbol. Pengembangan teknologi kode QR ini dapat membantu perangkat melakukan transfer data untuk kemudahan dan kecepatan kegiatan jual beli.

Dilansir dari bi.go.id, kepanjangan QRIS adalah Quick Response Code Indonesian Standard (Dibaca: Kris) yang merupakan standar nasional untuk pembayaran melalui kode QR dari Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP).

Diluncurkan pada 17 Agustus 2019 dan dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia untuk meningkatkan efisiensi dan kemudahan dalam transaksi.

Hingga saat ini, QRIS bisa digunakan pada seluruh aplikasi pembayaran dari penyelenggara manapun. Seluruh merchant juga sudah dapat mendaftarkan tokonya untuk menerima pembayaran melalui QRIS hanya dengan membuka rekening ataupun akun ke penyelenggara yang sudah berizin BI.

Kondisi dan penggunaan QRIS saat ini semakin berkembang pesat, dengan banyaknya merchant dan pengguna yang mulai beralih ke pembayaran digital melalui QR Code. Hal ini tidak hanya memudahkan proses transaksi, tetapi juga membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Dengan demikian, QRIS memungkinkan transaksi pembayaran dengan mudah menggunakan smartphone, tanpa perlu uang tunai atau kartu fisik.

Baca juga: 11 Cara Memberi Diskon Anti Boncos yang Perlu Kamu Terapkan

Manfaat QRIS

Adapun manfaat QRIS untuk pengguna sebagai customer dan merchant yang mendukung pembayaran digital menggunakan QRIS. Apa saja manfaatnya? Simak di bawah ini!

Manfaat bagi Pengguna

  • Pembayaran menjadi lebih cepat
  • Tren teknologi pembayaran terkini
  • Tidak perlu repot membawa uang tunai lagi
  • Aman dan terlindungi karena semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) memiliki izin resmi dan diawasi oleh Bank Indonesia

Manfaat bagi Merchant

  • Potensi penjualan meningkat karena menerima jenis pembayaran berbasis QR
  • Transaksi tercatat secara otomatis dan dapat diakses kapan saja
  • Terhindar dari uang palsu
  • Mengikuti perkembangan teknologi pembayaran
  • Mengurangi biaya pengelolaan kas
  • Tidak perlu menyediakan uang kembalian
  • Dapat mencegah kecurangan dalam pencatatan transaksi tunai

Baca juga: Pertama di Jogja! Festival Kuliner Chinatown dengan 30 Pilihan Makanan Menggugah Selera

Jenis-jenis QRIS

Selain itu, terdapat beberapa jenis QRIS untuk pembayaran yang mungkin belum kamu ketahui, di antaranya sebagai berikut.

1. Merchant Presented Mode (MPM) Statis

Ini adalah jenis QRIS yang paling mudah digunakan. Merchant hanya perlu menempelkan satu stiker atau print out QRIS. Karena sifatnya yang statis, QR Code MPM biasanya dipajang di area kasir.

Cara melakukan pembarannya adalah pengguna cukup melakukan scan QR code di aplikasi pembayaran menggunakan smartphone, masukkan nominal pembayaran secara manual, memasukkan PIN, dan lakukan pembayaran hingga berhasil.

Notifikasi transaksi akan segera diterima baik kepada pengguna maupun merchant. QRIS MPM Statis sangat cocok digunakan oleh usaha berskala mikro dan kecil.

2. Merchant Presented Mode (MPM) Dinamis

QR Code pada jenis ini dihasilkan melalui perangkat seperti mesin EDC atau smartphone. Sifatnya yang dinamis membuat sistem scanning lebih cepat dan meminimalisasi risiko kesalahan dalam memasukkan total belanjaan secara manual.

Penggunaannya berbeda dengan statis, pada QRIS MPM Dinamis merchant harus memasukkan jumlah pembayaran terlebih dahulu, lalu pelanggan dapat melakukan pemindaian QRIS yang sudah menampilkan jumlah yang harus dibayar. Setelah pembayaran berhasil, transaksi selesai.

QRIS MPM Dinamis sangat cocok digunakan oleh merchant dengan skala usaha menengah hingga besar atau dengan volume transaksi yang tinggi. Selain itu, dengan menggunakan QRIS MPM Dinamis bisa menghemat biaya operasional seperti cetak ulang banner atau brosur-brosur setiap melakukan pembaruan.

Dengan QRIS dinamis, proses pembayaran lebih cepat dan fleksibel. Belum punya QRIS atau ingin segera menerima pembayaran dengan QRIS dengan proses yang mudah dan cepat? Cobalah E-QRIS! Dapatkan QRIS dinamis dalam hitungan menit tanpa ribet. Segera download aplikasinya sekarang juga, klik disini

3. Consumer Presented Mode (CPM)

Pada jenis QRIS ini, pelanggan hanya perlu menampilkan QRIS yang ditampilkan dari aplikasi pembayaran mereka agar dapat dipindai oleh merchant. 

QRIS CPM lebih banyak diperuntukkan bagi merchant yang membutuhkan transaksi cepat seperti penyedia transportasi, parkir, dan ritel modern.

Baca juga: Campuspreneur #2 UMBY Yogyakarta Digelar untuk Menumbuhkan Minat Wirausaha Mahasiswa

Itu dia penjelasan lengkap seputar mengenai pengertian,  manfaat, dan jenis QRIS untuk pembayaran yang masif digunakan saat ini.

Ingin memaksimalkan penggunaan QRIS untuk bisnis Anda? Kami memiliki E-QRIS sebagai jawaban dan solusinya! Dapatkan QRIS dinamis dengan mudah dan cepat untuk menerima pembayaran secara modern. Klik disini untuk download E-QRIS.

Untuk pengelolaan bisnis yang lebih profesional, kami menyediakan AKU MPOS sebagai sistem point of sales dan aplikasi kasir online dengan fitur lengkap untuk semua bisnis kuliner dan retail.

Kunjungi website kami untuk berbagai insight seputar bisnis atau tertarik mencoba aplikasi AKU MPOS versi premium secara gratis di sini.

Temukan lebih banyak informasi tentang produk AKU MPOS dengan mengikuti sosial media Facebook, Instagram, Youtube, dan TikTok. Anda juga dapat mengecek penawaran spesial dari kami melalui e-commerce Shopee dan Tokopedia!

Ingin berdiskusi lebih lanjut dengan kami? Customer Service kami siap membantu klik link berikut!

Baca juga: Karakter yang Wajib Dimiliki Wirausaha Sukses, Punya Salah Satunya?

Artikel menarik lainnya